Juli 12, 2008

Cinta Laura Bilang : "Global Warming is Cool"

Dalam suatu acara ketika diminta tanggapannya mengenai Global Warming seorang selebritis muda yang populer dengan gaya bahasa yang campur aduk dengan logat yang kebarat-baratan mengeluarkan komentar yang lucu:

Reporter:" so Cinta, what do you think about global warming?"
Cinta Laura: "well... i think global warming is cool !"


Jawaban Cinta Laura ini cukup lucu dan menurut banyak orang menggambarkan kualitas dirinya. Namun bisa saja komentar Cinta Lawrah (CL) hanyalah kesalahan pemilihan kata-kata untuk mengekspresikan pendapatnya yang masih cukup belia dan bukan sesuatu yang perlu mendapat pencekalan seperti yang dilakukan beberapa pihak karena gregetan dengan sikapnya yang dianggap "membahayakan" masyarakat indonesia yang latah meniru gayanya seperti yang bisa dilihat di sini. Hal yang menarik bagi saya adalah kenyataan bahwa bukan saja banyak orang yang belum memahami isu global warming, tetapi bahkan orang yang memahaminya pun cukup apatis terhadap isu tersebut setidaknya menurut survey sebuah koran nasional.

It should be Climate is Cool not Global Warming is Cool


Kembali ke Cinta. Mungkin yang dimaksud oleh gadis belia ini adalah isu mengenai Global Warming merupakan sesuatu yang sangat menarik dan perlu mendapat perhatian banyak pihak sehingga seperti kebanyakan anak muda lainnya Ia serentak menjawab "I think it's cool" yang mengacu kepada sesuatu yang sedang trendy. Frase Global Warming belakangan memang menjadi buzzword yang banyak digunakan oleh siapa saja dan kadang dalam konteks apa saja. Tujuannya memang jelas yaitu untuk membangkitkan awareness terhadap masalah lingkungan. Lihat saja pada acara MTV, di setiap akhir acaranya Video Jockey MTV selalu menyelipkan pesan "stop global warming" selain pesan "jauhi narkoba" atau "jauhi AIDS " yang sudah menjadi langganan.

Setelah konferensi PBB mengenai perubahan iklim (UNFCC) di Bali akhir tahun lalu , Indonesiapun menjadi sorotan dunia dan kampanye mengenai perubahan iklim dan pencegahan pemanasan global terus diupayakan di mana-mana. Maklum, menurut sebuah survey yang saya kutip dari sini mengatakan bahwa sebelum gembar-gembor konferensi tersebut 72% orang Indonesia tidak mengetahui tentang apa yang dinamakan dengan Global Warming atau Pemanasan Global. Namun setelah maraknya kampanye mengenai global warming sedikit ada pencerahan terhadapa masyarkat Indonesia, setidaknya mereka mulai mengenal istilah tersebut.

Saat ini saya kira frase Global warming telah menjadi lebih populer dibanding sebelum survey tersebut. Banyak cara dilakukan untuk mengkampanyekannya melalui berbagai bentuk acara terutama yang ditujukan bagi kaum muda. Isu pemanasan global akibat perubahan iklim memang telah menjadi masalah kita bersama sehingga setiap orang berhak untuk memiliki caranya sendiri untuk mengekspresikan ide mereka mengenai masalah perubahan ilkim ini, mulai dari kampanye peningkatan awareness terhadap masalah perubahan iklim ini hingga aksi-aksi nyata seperti yang dilakukan dengan acara penanaman sepuluh juta pohon oleh ibu negara.

Peningkatan awareness ini menunjukkan bahwa realita mengenai perubahan iklim telah mempersatukan Akademisi (Academician) , pemerintah (Government), bisnis (Business), dan Aktivis serta masyarakat umum (Society) atau yang dikenal dengan istilah ABGS, untuk melakukan upaya nyata dalam menyikapi masalah-masalah lingkungan hidup. Lebih jauh lagi di tingkat internasional selain pertemuan antar negara, beberapa organisasi yang peduli terhadap masalah ini pun menggelar kampanye mengenai isu perubahan iklim.

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh British Council melalui beberapa programnya seperti AYLCF yang bertujuan merangkul calon pemimpin masa depan guna mendukung aksi individu maupun kolektif mengurangi dampak perubahan iklim di komunitas-komunitas mereka di seluruh pelosok kawasan Asia Pasifik. Program lainnya adalah Climate Cool. Seperti ditulis dalam websitenya bahwa masalah perubahan iklim adalah masalah global, sehingga jalan keluarnya pun harus kerja sama yang mendunia. Dengan alasan tersebut British Council berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat melalui pemuda dan media. Saya pikir jika nanti Cinta Lawrah bisa meluangkan waktu di sela-sela kesibukan syutingnya untuk melongok ke website climate cool, pasti ia buru-buru merevisi dan mengatakan: hmmm it should be climate is cool not global warming is cool...right?

Mari mulai membahas dan melakukan aksi nyata

Ada banyak cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang kita cintai ini. Mulai dari usaha mengurangi emisi gas rumah kaca melalui cara-cara sederhana seperti yang disarankan greenpeace hingga kebijakan-kebijakan di level yang lebih tinggi seperti kerjasama antar negara yang mencakup pengembangan teknologi ramah lingkungan dan perjanjian pengurangan emisi gas rumah kaca melalui protokol kyoto, atapun saran Stiglitz untuk menerapkan pajak terhadap polusi.

Namun ada cara yang lebih sederhana yang saya pikir dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Ya...dengan mulai membahasnya dan mengkampanyekan isu perubahan iklim ini kepada semua orang sehingga setiap orang akan menyadari peran yang nanti bisa mereka ambil dalam menyikapi masalah perubahan iklim ini. Saya pikir semua orang bisa melakukannya. Setiap aksi nyata harus selalu diawali dengan pemahaman yang tepat terhadap suatu masalah agar perencanaan dan aksi yang akan dijalankan nantinya memiliki hasil yang efektif.

Bahkan orang seperti Cinta Laura pun bisa memulainya ketika dengan tidak sengaja mengeluarkan komentar yang salah maka semua orang ikutan latah (saya juga nih) mengoreksi dan membahas pernyataan sang selebritis muda ini. Memulai dengan word of mouth. Itulah moral story dari kesalahan komentar sang idola muda Cinta lawrah.Ya khan Cinta???

8 Comments:

Finally Woken said...

ROTFL, she did really say it? Oh dear... kasihan sekali....

si dede jadul punya said...

hmmm.. tp pagi ni aku denger lagu barunya CL d radio.. asik loh...

let me sing:
i don't wanna loose u
yes, i wanna hold u
i don't wanna make u
make u sad and make u cry..

cantigi said...

mungkin maksud dia, kampanye pemanasan global ini keren. dan isu tersebut emang lagi ngetren kali bagi dia. atau... :D

Fajar Indra said...

hohoho... kan Indonesia is beautiful city... :p

ga nyambung yah.. ^_^

fajrin said...

@finally woken
iya kasihan...
@dede
wah kalo suaranya bagus bisa diminta nyanyi untuk acara2 lingkungan tuh...
@cantigi
kayaknya sih gitu..
@fajar
iya Jar..gak nyambung. Tapi yg penting pernah denger global warming khan..?

farah meutia putri said...

I think climate security is cooler than cinta laura..hehe..

Tapi ada bagusnya juga sih artis2 muda yang ngomong gitu, jadi kalo ada yang gak negerti maksudnya kan bisa cari tau maksudnya CinLau tuh apaan sih..sukur2 cari tau global warming itu apa..

fajrin said...

Setuju. CS is cooler than CL to discuss. Mudah2an CL bisa bantu menyebarkan kampanye ttg CS walaupun dengan kesalahannya ya..

nenyok said...

Salam
Akh Chincha Lawra..emang gemezin :)